Wednesday, January 30, 2013

Resiko Makanan Pedas

Maag 

Kita mulai lebih dulu dengan sisi minusnya. Apapun jika berlebihan tidak baik pangaruhnya. Sama halnya dengan makanan pedas berbahan cabai. Sering tertimpa makanan pedas membuat lapisan-lapisan lambung kian menipis dan rentan infeksi!! 

Akibatnya, permukaan lambung jadi lebih rapuh dan mudah luka. Kondisi seperti ini dikenal dengan istilah maag atau gastritis, dimana lapisan lambung mengalami peradangan.


Diare

Pada mereka yang sensitif, makanan pedas dapat menyebabkan iritasi di usus besar. Untuk meredakan iritasi ini, tubuh mengirim banyak air ke usus besar. Inilah yang menyebabkan terjadinya diare.


Berkurangnya Sensitivitas
Lidah Jika Anda makin lama makin kuat mengkonsumsi makanan pedas, bukan berarti sudah terbiasa. Bisa jadi ini disebabkan sensitivitas lidah Anda berkurang. Makanan pedas berlebihan dapat menyebabkan berkurangnya sensasi rasa pada lidah secara permanen. Jika sudah begini, lidah tidak mampu lagi berfungsi secara optimal menentukan batas porsi rasa pedas yang masih wajar bagi Anda. Makanan pedas juga bisa menyebabkan lidah alergi sehingga kurang sensitif dalam mengecap dan menimbulkan rasa kurang nyaman. Akibatnya nafsu makan jadi berkurang.


Gangguan Tidur
Gangguan tidur bisa disebabkan banyak hal. Salah satunya makanan pedas. Hindari makanan pedas jika dalam waktu dekat Anda ingin pergi tidur. Mengapa? Rasa pedas membuat jantung berdetak lebih cepat dan meningkatkan suhu tubuh. Padahal, pada saat menjelang tidur tubuh butuh untuk rileks.

No comments:

Post a Comment