Monday, April 7, 2014

Memasak Nasi Goreng

Di restoran asia yang menyediakan nasi goreng, nasi goreng itu jadi kunci utama penilaian, kalau di resto itu ada nasi goreng dan nasi goreng nya enak, dijamin masakan lain pasti enak.


1.Nasi harus kering
Salah satu aturan baku untuk membuat nasi goreng enak adalah pemilihan nasi. Jangan gunakan nasi yang baru saja matang, karena memberi tekstur lembek. Yang terbaik adalah menggunakan nasi yang sudah dimasak sehari sebelumnya, karena bertekstur lebih kering dan mudah dimasak. Atau taruh nasi dalam kulkas selama beberapa jam agar teksturnya lebih kenyal. (bener banget nihh gan kata emak ane emang klo mau bikin nasi goreng enakan nasi yg udah Gere' atau kering)


2.Gunakan wajan lebar
Gunakan wajan yang lebar agar seluruh komposisi nasi goreng bisa teraduk sempurna. Karena banyak diaduk, wajan yang lebar ini juga bisa mencegah nasi goreng dan mencegah isinya berhamburan keluar saat sedang diaduk-aduk (klo ga punya pake bak aje gan, just kidding klo ga punya beli lahh atau engga minjem aja ke tetangga alesannya mau bikin nasi goreng "brutal" .)


3.Gunakan api besar
Salah satu faktor yang membuat nasi goreng buatan restoran terasa spesial adalah aromanya yang khas. Aroma ini dihasilkan dari suhu panas dari api. Suhu yang tinggi juga mencegah nasi menempel pada wajan dan membuat tekstur nasinya kering enak (api besar itu maksudnya yahh yg sewajarnya aje gan, jangan kebesaraan juga nanti bukannya ente bikin nasi goreng, malahan Ente yg Digoreng sama nasi )



4.Jangan terpaku pada resep
Untuk membuat nasi goreng enak, Anda tak harus selalu mengikuti aturan resep secara baku. Beragam bahan dan komposisi bisa dimasukkan dalam racikan nasi goreng. Misalnya punya ayam goreng sisa makan malam, sosis, hingga irisan wortel dan buncis. Saat hampir selesai dimasak, cicipi dulu agar bisa ditambahkan bumbu jika kurang, saat nasi goreng masih panas. 


Happy cooking !

No comments:

Post a Comment