Tuesday, July 21, 2009

Inner Beauty

Kecantikan dari dalam alias inner beauty ternyata bukan dongeng belaka.

Sebuah studi membuktikan bahwa daya tarik fisik seseorang sangat dipengaruhi oleh kepribadiannya. Lelaki maupun perempuan yang memperlihatkan sikap positif seperti jujur dan penolong, otomatis akan jadi terlihat lebih enak dipandang. Sedangkan mereka yang berperilaku negatif seperti pendusta atau kasar, mengurangi daya tarik fisiknya.

Studi yang segera dipublikasikan di edisi Desember jurnal Personal Relationships ini dilakukan oleh Gary W. Lewandowski dari Monmouth University, Department of Psychology, beserta rekannya Arthur Aron dan Julie Gee dari Department of Psychology, State University of New York.

Mereka melibatkan sejumlah partisipan yang dilibatkan dalam eksperimen memandangi foto-foto lawan jenis secara individual. Lalu mereka diminta menilai seberapa jauh daya tarik fisiknya sebelum dan sesudah mereka diberi infomasi tentang kepribadiannya.

Setelah mereka menerima informasi kepribadian orang-orang dalam foto itu, partisipan juga diminta menentukan apakah orang di foto itu layak dijadikan teman atau teman kencan. Informasi mengenai kepribadian ini ternyata sangat menentukan penentuan itu. Ini memperlihatkan bahwa proses kognitif dan pengharapan seseorang dipengaruhi oleh seberapa besar daya tarik orang lain.

Hubungan Dekat

“Pemahaman tentang seseorang dan kemudian menimbulkan keinginan personal membuat orang menginginkan hubungan yang lebih dekat,” jelas Lewandowski, Jr. Temuan ini membuktikan bahwa kepribadian positif memancing keinginan lebih besar untuk berteman, bahkan ke teman dekat. Daya tarik ini lebih dari sekedar daya tarik fisik.

Studi-studi terdahulu sempat juga mempelajari bagaimana tampilan fisik dan kepribadian menjadi sumber penyebab daya tarik. “Studi terbaru ini mendukung teori bahwa makin baik perilaku kita, makin meningkatkan data tarik kita. Ini bisa mengubah penilaian pertama orang yang hanya melihat seberapa enaknya dipandang fisik kita,” jelas Lewandowski.

Nah, jadi bagi kita yang punya kekurangan fisik, sebaiknya jangan kecil hati. Sebab masih banyak hal-hal yang bisa menjadi daya tarik selain fisik itu sendiri. Bahkan bisa jadi kecantikan Lady Diana itu menjadi makin heboh akibat kepribadian postitifnya.

No comments:

Post a Comment