1. Bereskan masalah mekanikal. Masalah yang tak dibereskan saat
penawaran pastinya membuat calon pembeli mundur. Hal itu juga mengundang
penawaran rendah dengan dalih biaya memperbaiki akan mahal. Jika tidak
mau memperbaiki kendaraan yang akan dijual, setidak-tidaknya
informasikan kepada pembeli mengenai perkiraan biaya untuk perbaikan
tersebut.
2. Tune-up. Bawa ke bengkel untuk tune-up dan pemeriksaan
komponen-komponen keselamatan. Ban, lampu dan rem harus dalam kondisi
baik. Oli dan semua cairan tidak boleh dalam kondisi kurang.
3. Siapkan catatan servis. Buku catatan servis merupakan nilai tambah karena pembeli bisa mengetahui komponen yang telah diperbaiki.
4. Bersihkan kendaraan hingga bagian kecil. Pembeli lebih suka
interior yang bersih, jadi suasana kotor maupun bau akan mengurangi
minat mereka. Bersihkan karpet, wangikan interior, kilapkan ban dan
velg.
5. Jangan lupa jaga kebersihan kendaraan. Jika tak ada garasi, cuci kendaraan terlebih dahulu setiap kali akan ada yang datang melihat.
6. Foto sedetil mungkin. Ambil foto yang banyak untuk
memperlihatkan keunggulan kendaraan anda. foto setiap ban dan velg,
semua fitur diclose-up (DVD player, sunroof, GPS. Waktu paling bagus
untuk foto adalah siang hari.
7. Tuliskan sedikit gambaran. Cukup 5 kalimat untuk menggambarkan
tahun pembuatan, model, jarak yang sudah ditempuh, kondisi, fitur dan
kekhususan mobil tersebut. Kalau kendaraan pernah mengalami kecelakaan,
jelaskan rinci termasuk perbaikan yang dilakukan. Kekurangan dari
kendaraan kita tak akan bukan berarti menjadikan kendaraan tak laku.
Yang membuat tak laku adalah ketidakjujuran.
8. Harganya kompetitif. Cek berbagai situs web dan showroom untuk
membandingkan harga. Harga jadi di showroom biasanya berkurang antara
10 hingga 15 persen.
9. Promosikan di berbagai tempat, di situs-situs jual beli dan jejaring sosial tempat orang mencari kendaraan.
10. Balaslah penawaran dengan segera. Telepon dan e-mail dari
calon pembeli harus segera dibalas. Calon pembeli sedang mencari
kendaraan dan dia akan membandingkan puluhan unit. Pada banyak kejadian,
penjual yang pertama kali membalas panggilan dari calon pembeli justru
akan lebih dulu mendapatkan penjualan.
No comments:
Post a Comment